Rabu, 18 Maret 2009

Puncak PHK Seusai PEMILU !!!

Jumat, 13 Maret 2009 | 10:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gelombang PHK lantaran krisis ekonomi global bakal terus terjadi sepanjang tahun ini. Ada perkiraan PHK akan mencapai puncaknya seusai Pemilu 2009.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, bagi pengusaha, pemilu termasuk stimulus bisnis. Karena ada pemilu, permintaan meningkat. Maka, penjualan banyak industri juga naik. "Namun, seusai pemilu penurunan produksi yang riil bisa ketahuan secara menyeluruh," katanya kemarin.

Ia memperkirakan, pengusaha akan sulit menghindari PHK. Dampak permintaan yang anjlok akan makin terasa. Apalagi, pada saat itu beban biaya produksi juga meningkat.

Apindo belum bersedia merilis penghitungannya, berapa pekerja yang akan jadi penganggur setelah pemilu. Yang jelas, data Apindo daerah menyatakan, sampai Maret sudah ada 240.000 orang yang kena PHK. Repotnya, itu terjadi pada sektor-sektor usaha yang penting dan bersifat padat karya, seperti tekstil dan garmen sebanyak 100.000 orang, sepatu (14.000), mobil dan komponen (40.000), konstruksi (30.000), kelapa sawit (50.000), serta pulp and paper (3.500).

Sementara itu, data resmi Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) menyebut, hingga 6 Maret 2009 sudah ada 37.909 orang yang terkena PHK.

Direktur Pengupahan dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Depnakertrans Sihar Lumban Gaol menjelaskan, perusahan melakukan PHK atau merumahkan karyawannya karena produksi turun. Permintaan pasar yang kian lemah, kenaikan biaya produksi, dan harga bahan baku yang cukup signifikan adalah penyebab mengapa produksi industri terus merosot. (Martina Prianti/Kontan)

=======================================

For You Guys... yang udah join di bisnis ini pastinya akan tenang-tenang aja kan ya???

Karena jelas sekali Oriflame ga kenal kata PHK dan Krisis yaaaa !!!

Yuks join ... klik ya!!!

0 komentar:

 

©2009 Diary Aprie.... | by TNB